Blood For Life

April 16, 2009

Isi tulisan ini sama sekali tidak berbau horor atau aga2 menggigit leher (kecuali ada nyamuk ganjen yg tergila2 dengan leher jenjang anda), saya disini hanya akan menceritakan suatu kejadian yang cukup mengharukan bagi saya dimana masih ada rasa empati di Indonesia ini.

Kemarin, salah satu teman saya menaruh kata2 “URGENT, GUE NYARI ORG BERGOLONGAN DARAH A+ BUAT DONOR” di status YM-nya. Ketika saya tanyakan, ternyata bapaknya temen dia (yg ternyata temennya itu juga temen saya) ada yang harus operasi by pass jantung besok (hari ini) dan dokternya bilang masih membutuhkan sekitar 5 org lagi buat donor darahnya krn persediaan di RS/PMI kurang mencukupi.

So… bukan karena sok ingin jadi pahlawan, saya pun ikut berusaha mencari donor karena sayangnya golongan darah saya B (ga tau rhesusnya apa) dan saya cukup tahu bagaimana repotnya mencari donor dikala para keluarga si pasien sedang hectic memikirkan org tersayang yg akan dioperasi.

Saya langsung teringat salah satu milis yang baru saya ikuti bernamakan “Blood For Life” yang diprakarsai oleh salah satu seleb blog nan cantik rupawan (trisna, jgn marah yah, cuma iseng muji kok.. suer deh) si jeng Silly. Setelah saya mendapatkan sedikit data/rincian dari temen saya tadi langsung saat itu juga saya buat post di milis Blood For Life mengenai hal ini.

DAN……

Yang sangat mengharukan bagi saya….

Hanya dalam selang waktu 15 mnt-an saya sudah mendapatkan seorang pendonor siap untuk mendonorkan darahnya utk ayah temen saya tadi.

Bayangkan, berapa waktu yang diperlukan bila harus bolak balik ngurus2 adminstrasi yg kadang berbelit2 hanya untuk mendapatkan beberapa cc darah melalui organisasi yang kita telah ketahui itu dan belum biaya yg harus dikeluarkan, sedangkan ini ada orang yang bersedia mendonorkan darahnya dengan cuma2 hanya melalui informasi yang seadanya (setelah itu sang pendonor langsung berhubungan dengan keluarga pasien) dalam waktu yang singkat.

Bayangkan, di jaman serba “duit” saat ini dengan sifat manusianya yang sudah mulai individualistis sadistis materialis, masih ada yang mau berkorban bagi orang yang sama sekali tidak dikenal dan tanpa pamrih..

Dikarenakan kejadian tersebut saya jadi ingin membantu membudidayakan (harah… kok budidaya) maksudnya ingin membantu menggalakkan milis Blood For Life ini.

Emangnya Blood for Life itu apa seh???
Blood For Life itu (menurut rencana awal si penciptanya) merupakan suatu organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menggalang data golongan darah orang2 yang bersedia untuk menyumbang darahnya bila diperlukan (correct me if I’m wrong yah sil….)

Lho… kan sudah ada Golongandarah.net?
Mungkin disini perbedaannya, dimana Blood For Life lebih berbentuk mailing list sehingga interaksi antar anggotanya lebih cepat dibandingkan golongandarah.net walopun bisa dibilang hampir setiap penghuni milis inipun anggota golongandarah.net

Terus..?…
Ah… begitulah… mending ikut aja milisnya atau baca cerita awalnya di blognya si silly, baca juga blognya, dan jangan lupa mendaftarkan diri di golongandarah.net

Bersamaan dengan post ini saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak2nya kepada Silly yang sudah menjembatani melalui milisnya sehingga teman saya bisa mendapatkan pendonor dan terima kasih sebanyak2nya pula kepada Sang Pendonor yang tidak ingin disebutkan namanya, semoga amal ibadah kalian diterima oleh Allah SWT dan diberkahi kemudahan dalam hidup…

Regards

Wulang A Risdharwanto

 Comments: 3

  1. Uke Poet

    Saya juga ikutan BFL. Tapi kok mendadak hilang email2nya. Sempat bertanya2 juga sih apakah gerakan ini mendadak hilang. Alhamdulillah masih ada dan bisa berjalan.

  2. Agoy

    Oh Woelank itu Bapak toh hehehe saya pikir Ibu. Salam kenal, salam BFL!

  3. Silly

    Oh my God, terharu sekali baca posting ini.

    Bener, kemarin saya sempat berfikir untuk membekukan saja gerakan ini karena sepertinya sia-sia saja, ketika saya harus berjalan sendirian.

    Dan email kamu kemarin, saya yakin bukan sok pahlawan. Kamu sedang dipakai Tuhan untuk menjadi Messanger, bahwa apa yang saya kerjakan, bukan hal yang sia sia.

    Mari beritakan keteman-teman… keberadaan milis ini, ajak semuanya untuk bergabung, karena milis ini tidak memungut biaya apapun.

    Yang dibutuhkan hanya hati… dan kesiapan kita untuk menjadikan hidup kita berarti untuk orang lain. Karena untuk itulah kita hadir didunia ini bukan?

    Untuk selanjutnya, tel your friends, your friends of friends… sehingga gerakan ini bisa benar2 berarti untuk orang lain.

    Benar kata dokter yang kemarin saya temuin… sekali bergulir, gerakan ini akan menjadi gerakan bola salju yang akan bisa menjangkau banyak orang dan banyak jiwa.

    Semoga,

    SAlam peduli,

    Silly

    Btw, saya tidak cantik kok. apalagi kalo dibanding sama Trisna. Ah, Trisna mah cantikkk banget. She is a smart woman as well. Happy to know you both dear. And makasih untuk posting ini.

    Sil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *