Peturasan

May 14, 2010

Pasti pada gak ngerti peturasan itu apa kan?

Sebenarnya peturasan itu adalah kamar mandi (tapi nyari definisi pastinya kok ga nemu2)

Lho, terus kenapa sih kok ngomongin kamar mandi?

Sebenarnya gara-gara pas akikah lagi nongkrong semedi di lokasi pengeboman di kantor, terus kebayang aja kamar mandi umum yang sudah pernah di sambangi selama ini. Pasti loe loe juga pernah kan ke kamar mandi umum. Kebayang dong bagaimana harum dan mempesonanya yang ada di Indonesia. Janganlah dibandingkan dengan kamar mandi di hotel-hotel berbintang, perkantoran mewah ataupun plasa/mall terkemuka. Terkadang di tempat-tempat tersebut masih lebih bagus daripada kamar mandi kita.

Gue heran kenapa kamar mandi itu amat sangat di anak tirikan, padahal itu salah satu fasilitas pemuas kebutuhan alam. Memang disitu sumber penyakit, tapi itu kan kalau tidak rajin dibersihkan. Coba kalau kita lagi kebelet ditengah jalan dimana satu2nya kamar mandi terdekat adalah SPBU yang kita tahu segera kita lewati. Eh pas udah nyampe, ternyata! Jorse buanget tu kamar mandi. Yang ada malah bikin kebelet ilang sekejap. Dan setelah kita meninggalkan spbu kembalilah si kebelet merongrong perjalanan kita. Berkendara gak enak, mau ngobrol males, pake ac malah memperheboh rasa, gak pake ac nyengsarain.

Jadi sebenernya yang salah siapa?

Si pemilik tempatkah? Si pengelolanyakah? Si karyawan cleaning servicenya kah? Atau malah si pengguna yang tidak bersih?

Sepertinya ini salah satu dilemma, dalam menghadapi permasalahan kamar mandi umum. Kalau pemilik atau cleaning servicenya benar, penggunanya tidak mentaati atau menggunakan fasilitas dengan semestinya. Seperti buang puntung rokok di urinoir (tempat kencing pria), wc duduk dipakai jongkok. Dan yang paling sering ditemui vandalism alias tulisan sok indah n keren di sepanjang dinding atau pintu wc.
Atau bahkan seperti yg bos gue pernah ceritain waktu lagi di bandara menado yang baru bin keren itu. Masa pel lantai abis buat ngelap lantai trus dipake buat ngelap dudukan wc.. Yaiks!!

Peturasan… oh peturasan….

……

(flushing the toilet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *