10 Mainan Jadul Yang Paling Berkesan

Didera oleh panasnya demam maka mengigaulah daku semalaman… (harah bahasa loe!) wkwkwkwk… :mrgreen: Jih… serius! tadi malem saya demam lagi loch… sampe mengigau gak karuan, kata ortu saya seperti lagi casting spell kayak heri poter… (heri embledug!) huwekekekek…

btw… tadi siang ada pertanyaan dari seorang blogger, berikut perbincangan saya dengan dia di Yahoo Messenger :

Q : “numpang tanya mbak… itu di post kok suka ada yang ikutan nyamber… yang ada di dalam kurung itu loh mba… itu gaya tulisan aja atau mba beneran ngomong sama siapa gitu ya?… ”

A : “oh… itu ya suara kembaran saya mas…”

Q : “oh, mbae kembar toh… wah identik kah?… ”

A : “loh bukan, maksudnya kalo saya lagi baik, ya itu suara kembaran saya yang jahat… tapi kalo saya lagi jahat, itu suara kembaran saya yang baik… ”

Q : “ummm… berkepribadian ganda maksudnya?… evil dan angel begitu mbae?”

A : “naaaaaaah… tepat sekali! hahahah…”

Kemudian si blogger tidak lagi mengirim pesan ke saya bahkan setelah saya buzz buzz… wkwkwkwkwk… ketakutan kali yaakkkk… :lol: tenang aja mas! saya belum sinting kok… ahahahaha…

Balik ke isi post saya…

Pas pagi tadi ibu saya cerita, kalau tadi malam saya mengigau ngomyang gak jelas kayak ngobrol sama siapa gitu. Ngigau kok panjang bener, begitu katanya. Setelah di-ingat2 ternyata eh ternyata, saya mimpi akan beberapa mainan jadul sewaktu saya kecil. Saya yakin banget mainan ini sudah sangat sulit untuk dicari di kota Jakarta.

Mainan jadul apa sajakah itu? inilah mainannya…

Balap Umang Tarik Gerobak (thn 1984 – 1986), hahaha… mainan yang paling demen buat diliat juga demen buat dipiara. Abisan warna  kumangnya bagus sih, ada yang ungu, orange, merah, macem-macemlah. Dulu saya suka beli di pasar Ulujami, itu juga yang beliin sih mamang tukang yang kerja di rumah. Berkesan soalnya walau si umang gak terurus sama saya dan menghilang tapi suatu saat dia tiba-tiba muncul entah di bebatuan, atau terkadang di bawah bangku ruang tamu. So cuuutee… hihihi… (bocah yang aneh, demennya sama umang…).

Pesawat Gabus Bermotif Burung (thn 1986 – 1987), inget banget dulu lagi TK suka ngakalin uang jajan kakak perempuan saya supaya saya bisa beli pesawat gabus lebih dari 2 dalam satu hari. Gak hanya bermotif pesawat, tapi juga bermotif burung-burung. Berkesan soalnya ya itu dia, saya ngakalin uang jajan kakak perempuan saya, uang jajan saya dipake buat beli koleksi pesawat gabus  dan saya minta uang jajan kakak saya buat makan dan minum. Terus kakak saya malahan gak jadi jajan… soalnya kata kakak saya kasihan ngeliat saya enggak makan. Padahal ibu saya selalu ngasih uang lebih ke saya buat makan dan beli mainan… hahahahaha… (ternyata otak culasnya dari kecil toh) :lol:

Buku Gambar di Gosok Koin (thn 1986 – 1988), antara beneran beli sendiri, atau ngembat gambar gosok kakak laki, hahahaha… memang enak kalau punya kakak… :lol: sambil nunggu dijemput supir atau sembari perjalanan pulang ke rumah, di mobil saya suka gosok-gosok buku kecil ini. Dulu sih harganya 1000 bisa dapet 4 biji. Kalo digosok sama koin, lama-lama muncul gambar, ada yang motif kartun walt disney ada juga yang motif gambar binatang. Berkesan karena semakin di gosok, semakin bikin penasaran. Masih ada yang jual gak ya mainan ini? :D

Gimbot Air (thn 1988), mainan ini agak-agak membantu saya untuk tidur, mungkin karena saya mainnya cuma pas lagi rebahan di kasur pas mau tidur. Nyoba berkali-kali neken tombol supaya ring berwarna-warni itu mau masuk ke tiang setiap kali saya pencet tombolnya. Tapi lebih sering saya kesel, soalnya cuma bisa masukin 50% doang, sisanya gagal. At least saya punya teman tidur sih dengan gimbot air ini, ketimbang kakak laki saya yang tidur 1 kamar dengan saya, teman tidurnya dia pistol beneran, pisau dan senapan *bukan mainan* streeeesss… :lol:

Gimbot koboy (1988 – 1990), tiap kali mau main ini harus berantem dulu sama kakak laki-laki. Saya inget mainan ini adalah gamewatch yang pertama kali masuk ke indonesia. Bersamaan dengan mainan tank, tembak-tembakan, telur penguin, popeye dan juga pesawat perang angkasa. Emang seru sih, sangking serunya itu gamewatch rusak cuma gara-gara saya sama kakak-kakak berantem rebutan game ini. Rusak deh gara-gara kebanting… :roll:

Pusan Baloon (1986 – sekarang), Saya masih mainin balon ini loh :lol: bulan lalu saya beli di mall deket rumah, 1 box harganya 10 ribu doang, hahaha… mainan sepanjang masa, lumayan melatih pipi biar tirus… dijilat biar fleksibel terus tiup tiup tiup teruuusss… :lol:

Tatoo Yosan bubble gum (1988), permen yang tidak begitu enak, tapi dulu terpaksa saya beli, soalnya ada tatoo-tatoo an yang saya suka koleksi. Ingat juga dulu pernah dimarahin ibu saya, soalnya kaki saya semua nya penuh dengan tato-tato dari yosan bubble gum… hahaha… kalo diinget padahal itu tato jelek, gak tau juga kenapa senengnya :D kayaknya gara-gara dapet tato-tatooan gratis dari permen. Untungnya permennya gak saya makan, temen2 saya dulu yang makanin permen karet ini pada sakit gigi… wkwkwkwk… jarang sikat gigi siiiih…  :P

Lepas Sumpit (1990) ada yang tahu main sumpit? dilepas di lantai terus kita harus ambil satu persatu tanpa mengenai sumpit lainnya. Yang lucu mainan ini sebenernya adalah, tiap anak2 yang mau mengambil sumpit harus mendekatkan mata ke sumpit dan menjulingkan matanya demi melihat sumpit dengan jelas supaya tidak menyinggung sumpit lainnya… hehehe… tapi kayaknya pada gak sadar deh, kalau mereka wajahnya lucu pas pada juling… saya juga lucu loch… (haiyaaa gubrak!) :lol:

Kapal Uap (1990 – 1993) kapal uap yang saya suka yang dengan baterai sebenarnya, tapi gak tau kenapa sering kemasukan air mesinnya jadi rusak. Dulu pertama beli soalnya buat nemenin main pas mandi, ternyata suka rusak, akhirnya beli lagi tapi ditaro di kolam ikan. eh rusak juga… wkwkwkwk… dodol! beli berkali-kali rusak terus, walau rusak dibeli terus… sebegitu berkesannya tuh mainan air… hahaha…

Bongkar Pasang (1988 – 1993), mainan murah namun menyenangkan.  Bisa gonta ganti pakaian, sepatu, topi dll deh… terus bisa main seperti barbie-barbian cuma lebih simpel, gak cape buat ganti bajunya. Dulu koleksi bongkar pasang saya selalu saya simpen di kotak biskuit bekas parcel. Terus gak tau kapan gitu, 1 kaleng isi bongkar pasang saya hilang, ada yang mencuri, terus saya sakit hati dan tidak mau main mainan ini lagi… sensi dot com…  (duh ileeee… segitunya) :P

Tentunya banyak juga mainan lain yang saya mainkan. Mainan yang jauh lebih keren dari yang saya tuliskan diatas seperti lego, barbie, tamagotchie, sega dll. Tapi gak tau kenapa, justru mainan2 kampung ini lah yang berkesan buat saya. Setidaknya begitulah isi mimpi saya tadi malam sampai buat saya mengigau.

Mungkin karena mainan ini selain sudah sulit dijumpai dimana-mana, juga karena anak-anak sekarang sudah tidak ada yang mau memainkan permainan ini. Anak-anak jaman sekarang kalo disuruh pilih mainan pasti nyarinya antara PSP, itouch dan WII. Coba disuruh main dompu atau enggrang, pasti pada keheranan bingung itu mainan apaan… :D

47 comments

  1. wahhh jujur jadi ingt banget masa kecil dulu yang dimana sekarang masa-masa itu sudah musnah dengan game-game yang baru..
    kadang aku rindu banget kalo masa-masa itu gan..
    thx ya gan untuk postingannya

  2. Ferry says:

    hahahahahaa 4, 5, 6, dan 10 saya pernah main

    tu nomer 10 dulu pas sebelum TK akakaak
    malu deh, ane kan cowok tulen 8)

  3. REZZA says:

    yang nomer 3 ada yang tau di Jakarta-Bandung bisa beli di vendor mana?

    saya butuh untuk keperluan riset nih.

    • trisna says:

      yah mas saya udah gak pernah nemuin… di google jg gak nemu… musti tanya sama tukang jualan mainan pasaran… biasanya ada di pasar malam atau tukang jualan mainan anak2 di sekolah2 negri…

  4. yang lain saya tau.. cuma lepas sumpit yang saya tidak tau.. maenan apaan tuh.. di t4 saya (batam) gak ada.. hahaha..

    • trisna says:

      hahaha… itu mainan seadanya… di sebar dan pas ngambil gak boleh nyentuh… susah deh ngegambarinnya :lol:

  5. shaleh says:

    mainan nomor 3 dan 10 kyanya saya masih sering nemuin di daerah saya, dijual ama paman2 naik motor, xixixi :D

  6. hahn says:

    walaupun saya termasuk anak jaman modern :p, tapi suka main beberapa mainan itu hihiihi

    btw baru tau kalo balon itu namanya pusan toh.. di kampung saya namanya pepelendungan :mrgreen:

  7. cuma gimbot koboy dan permainan sumit yang blum pernah saya cobain semasa kecil
    selebihnya udah sering hehehe

  8. uraeka says:

    Petasan dari busi sepeda motor juga keren …

  9. sandalian says:

    Mainan kita jaman kecil ternyata sama, jangan-jangan kita seumuran hehe :D

  10. yanrmhd says:

    waah…mainan tempoe doeloe, hehe.. :D
    jadi terkenang masa lalu..

    oke, semangat! do the best ;)

  11. pyoubcozjc says:

    inget masa yang dulu .
    ada bongkar pasang…
    terus gimbot koy boy ..
    ha ha …

    dulu sempet nyewa segala malah …

  12. anank says:

    yang nomer 10 itu favorit adik perempuanku tuh.. haha..

  13. niee says:

    Waaah,,,, gila postingannya mbak,, jadi mengenang masa2 kecil banget… yang diatas rata2 aku pernah maen juga, kecuali pesawat gabus same lempar sumpit yang gak pernah,, yang laen ngangenin banget..
    apalagi itu yang bongkar pasang,, bisa samaan gitu namanya di Pontianak juga,, aku maennya sampe SD kelas 6 deh klo gak salah :D

    • trisna says:

      hehehe.. berarti tinggal daerah irian aja nih yg belum ada laporannya pernah main BP ato enggak :D memang itu mainan murmer namun nge-gemesin buat cewe2 masa anak2 ya mba :)

  14. pertama-tama, salam kenal ya mbak tris…

    kedua, soal template blog ini, keyen banget mbak (mau dong :jitak), situ kayaknya gak bakal saya ajak urunan deh :lol: , soalnya theme blog ini udah keren kok, hehehe…

    ketiga, posting ini bikin saya jadi flashback lagi ke jaman dulu,jadi kangen…

    • trisna says:

      yahhh.. ga boleh urunan.. kan pengen koleksi theme yg lain.. hehehe.. ini mah themnya gratisan mas :D

  15. tonykoes says:

    Wah.. aku jadi inget masa lalu di kampung nih.. :) kalo liat-mainan jadul.. tapi kalo menurutku mainan di atas belum terlalu jadul sih, karana masih ada unsur plastik dan warna yang menarik, yang menandakan masih sedikit berbau modern.
    Kalo yang jadul tuh yang dibikin dari bambu,kayu and gedebok pisang kali ya mbak… Btw thanks deh dah mengingatkan masa lalu dengan mainan jadul ini.

    • trisna says:

      yaaa.. kok komennya sama ama cowokku yah? hahaha.. maklum mister.. pas umur sy kecil mainan yg ada yaa itu.. :roll:

  16. Gimbot AIR!!! udah gak ada yaahhh???

  17. Triunt says:

    saya suka kapal2an yg bunyi koytokkotokkotok itu.
    yang dari seng.
    wah jadul banget tuh :D

  18. Merliza says:

    huaaa keren kereeenn!!! inget banget tuh waktu zamannya gimbot koboy… xixixxixix

  19. ABE Erdien says:

    Wahaha… satu pun dari maian di atas nggak pernah punya tuh :D

    Soalnya semenjak inget (seiktar umur 3 tahun) mainannya berpetualang ke hutan, gunung, sungai kaya Si Bolang gitu deh. Saat kecil biasa dibawa ama bapak.

    Udah agak gedean sendiri ato bareng temen :)

    Asyiknya berburu bawa ketapul, sumpit, ato senapan.

    Ketemunya ama macam-macam burung, monyet, babi hutan, beberapa kali ketemu harimau :D

    Maian di rumah:
    1. Layangan bikin sendiri
    2. Senapan mainan bikin sendiri
    3. Sepedah bikin sendiri

    Semuanya serba bikin.
    Mungkin ini cara Bapakku mendidik agar jadi anak kreatif dan produktif :D

    • trisna says:

      weeh,, hebat amat!! hahaha.. saya malah jealous tuh.. dulu pernah nyoba bikin istana2an dari kardus buat main rumah2an doang.. itu mah cemen.. cuma yg ga nahan abis itu kutuan.. wkwkwkwk.. :lol: dibotakin deh :cry: hiks..

  20. Sugeng says:

    Seandainya semua mainan ini ada di depan Trisna apa masih jago mainin nya ya :?: :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  21. moonlite! says:

    jadi inget dulu suka banget main bongkar pasang hahahahahahahahaha! aduuuh sama gimbot air :p

  22. han says:

    yg lebih asyik lagi
    kumpulin tuh mainan jadul
    trus invite everyone di tempat yg asyik
    jualan + maenan deh sekeluarga

    HAN

  23. arifinfo says:

    saya ingatnya ada mainan tengsek,itu sejenis bungkus rokok yg dibuat game seperti kelereng :D

  24. Alam says:

    balap umang, pesawat gabus, sama gimbot! hehe.. dulu sering main itu waktu masih ingusan..

  25. Balap Umang Tarik Gerobak (thn 1984 – 1986), yang ini ane ingat makaninnya pake batang tebu trus diletakin di air garam biar gak mati.

    Pesawat Gabus Bermotif Burung (thn 1986 – 1987), biasanya ada dihalaman bandara dijualnya nih.

    gimbot yg ane ingat mainnya bayar 500 rupiah sepuluh menit gantian sama anak-anak lain.

    baru tau kalau BP itu artinya bongkar pasang.. :wink:

    • trisna says:

      oooh iya bener tuh, makanannya umang kan tebuh ya.. kelapa jg bisa.. kalo gimbot yg bayar 500 gantian tiap 10 menit kayaknya dulu saya ngerasain cuma mainannya gimbot pacman.. :D

  26. yieeeh, u make me remember all those innocent years. well, aku tidak lahir di Bawean, tapi besar di sana (oh God, its an isolated small island, u know.), dan ada satu permainan tradisional yg sangat berkesan :lol: buatku: lacung-lacung beng beng! hahaha. wanna know? :lol: :lol:

    • trisna says:

      mau tau dooong itu mainannya bagaimana.. hehe.. diceritain dunk mas ntar sy mampir deh.. pulau boleh terpencil tapi pengetahuan gak kalah canggih dong :D

  27. sy juga sedang nulis satu persatu permainan yg pernah eksis pada tahun 1990an dan dijadikan mainan anak2 sd ketika itu. :D

    tp hanya BP saja yg ada di dalam list ini sepertinya. :D
    sebagian sudah dipublish, tp sebagian nunggu giliran publish . :D

  28. jimly says:

    gobak sodor juga mainan jadul lho !

  29. wa…. Pusan Baloon, masih ada ya sampe skrng…anak-anak di kampungku masih sering main balon-balon itu… ^^

  30. Desita says:

    Wah…. akhirnya nemu BP a.k.a bongkar pasang,model-model bajunya kebanyakan model eropa gitu yah mbak yang gaun-gaun gitu,,, heu asyik kalo udah maen itu. Dulu saya udah ngasih nama BP-BPan hamir seratus nama, mulai dari nency sampai Mimin. :mrgreen:

  31. Ojat says:

    wahhaahah… mantaaab…. jadi inget ama gimbot western bar itu.. ckckckckc so classic hehe

Leave a Reply

%d bloggers like this: