5 Makanan Pencetus Asma

June 25, 2011

Buat pengidap Asma, semoga post ini berguna buat anda, tapi buat yang tidak memiliki penyakit Asma, berbahagialah. Karena nafas anda plooooong dan yang jelas tidak merasakan seperti dicekik setiap kali anda ingin bernafas 🙁

Post ini bersifat sharing saja ya. Karena saya punya penyakit Asma akut dari kecil, yang sudah hilang selama 11 tahun terakhir dan saya ingin berbagi tips, mungkin bermanfaat.  Walau terkadang, sekarang timbul lagi karena berbagai macam hal, tapi yang jelas kambuh karena ada makanan terlarang yang saya langgar 😀

Perlu diketahui pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernafasan. Berarti pengidap asma sebenarnya memiliki paru-paru yang tidak normal. Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga atau pun makanan.

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernafas.

Sedari kecil saya diberi tahu oleh dokter bahwa untuk orang pengidap asma, ada beberapa makanan yang harus dihindari yaitu : yang bergas / ber-alkohol, ber-lendir dan ber-lemak. Ke-tiga ini harus dihindari karena bahan makanan tersebut bisa mempersempit jalur nafas.

Nah makanan apa sajakah itu?

  • PEPAYA

Getah pada pepaya membuat jalur pernafasan saya sering gatal, dan akhirnya membuat saya asma. Sama halnya jika saya memakan sayur daun pepaya. Tapi tidak sefatal buahnya. Jika saya memakan sepiring buah pepaya, dalam hitungan menit asma saya kambuh. Tapi kalau saya memakan daun pepaya, kira-kira 2 hari kemudian asma saya baru kambuh.

2 Minggu lalu teman ibu saya ada membawa sayur daun pepaya dengan teri ikan, luar biasa enaknya dimakan dengan nasi panas. Cuma ya itu dia. 2 Hari kemudian di malam hari tidak bisa tidur karena asma :mrgreen:

TIPS :

Buat orang yang BAB, jangan khawatir, pepaya bukan satu-satunya pencahar alami. Ada lagi yang lebih manjur daripada pepaya, yaitu tomat. 😀

  • COKLAT

Loh, coklat kok bisa bikin asma? Yang harus dicermati adalah, bahan yang terkandung di dalam pembuatan coklat. Apa sajakah itu? cream butter, cream cheese, ini kan sangat berlemak bukan? 😯 Yang parahnya lagi, kalau anda membeli coklat murahan (maksudnya murah, karena kualitas bahan diturunkan) mereka mengganti cream butter menjadi butter, alias mentega (ckckckck…) dan mengganti cream cheese dengan telur dan susu. Yaaa intinya sama saja lemaknya. 😆 dampakya ya asma-asma juga.

Kalau saya memakan coklat luar negri, kira-kira 6 bar saja (tidak usah menyebutkan merek) kira-kira saya baru terkena asma seminggu kemudian. Tapi kalau saya makan coklat buatan lokal, saya terkena asma ke-esokkan harinya.

TIPS :

Saran saya buat pencinta coklat namun mengidap asma yang menjengkelkan. Buatlah coklat sendiri. Belilah coklat masak “Dark Chocolate” semurni mungkin. Kalau bisa dapat yang 100% sih hebat, tapi di sini saya hanya menemukan 70% yang artinya untuk cetakan coklat masak itu pun sudah tercampurkan cream butter (walau kadar kecil).

  • DURIAN

Duren oh duren, aneh tapi nyata, ada buah yang baunya saja bisa memabukkan :mrgreen: Buat pengidap asma, duren bisa dibilang makanan termusuh yang paling besar, selain minuman alkohol.

Duren bisa membuat orang pengidap asma akut kambuh seketika, terutama jika memakan duren yang sudah 4 hari lebih jatuh dari pohon. Maksudnya buah duren tersebut sudah mengalami alkoholisasi alias sudah ber-gas 😀

Jika saya memakan duren yang sudah bergas, 4 hari lebih jatuhan dari pohon, asma saya langsung kambuh di malam hari saat ingin tidur. Tapi kalau saya makan yang baru 1 hari jatuh dari pohon, sepertinya asma saya tidak kambuh. Mungkin sedikit bengek :mrgreen:

TIPS :

Buat pengidap asma, tapi ingin memakan buah duren, saran saya carilah buah duren yang baru saja jatuh / 1 hari jatuh dari pohon. Dimana gas buahnya belum begitu keras. Selama ini saya makan dari pohon saya sendiri dengan cara demikian.

  • LAKSA

Sebenarnya bukan hanya laksa, semua makanan ber-SANTAN itu adalah musuh para pemilik asma. Sebutkan saja, soto betawi, gulai ayam restoran padang, kari pada roti cane bahkan sampai masakan sendiri gulai ikan kakap (masakan saya minggu lalu) pun bisa membuat saya asma 🙁

Yang jelas sih karena santan itu lemak jenuh ya, mudah membuat orang asma sulit bernafas. Kalau ditanya proses nya bagaimana, mungkin bisa langsung tanya ke dokter untuk lebih jelasnya. Kalau saya menurut pengalaman saja.

TIPS :

Jika ingin makan makanan bersantan tapi tidak terkena asma, mau tidak mau harus masak sendiri, karena santan sebenarnya bisa digantikan dengan susu. Ada beberapa restaurant yang menggunakan susu sebenarnya tapi terkadang saya suka malu bertanya-tanya ke waitress, apakah ini santan atau susu 🙂

  • KETAN / KACANG / BERAS HITAM

Kalau sarapan Bubur Kacang Hijau tidak lengkap rasanya jika tidak dibubuhi ketan hitam. Atau, bakpau isi kacang hitam. Kue pia isi kacang hitam juga enak *ngiler.. Duh jadi kepengen semuanya :mrgreen:

Tapi itu dia. Saya tidak tahu penyebabnya kenapa, setiap kali saya makan makanan ini, asma saya langsung kambuh, instan! 😥

Dan saya tidak punya tips buat yang satu ini, karena bahan ini memang tidak tergantikan rasanya. Padahal makanan favorit saya yang ke-3 makanan diatas ini. *hiks.

NB : Boleh kasih infonya ke saya buat yang mengetahui sebab Ketan/kacang/beras hitam bisa membuat asma saya kambuh. Ditunggu lhoo…

 Comments: 48

  1. septi

    mb trisna susu immunocal belinya dimana .diapotik ada kah mb tiap hari 2-3 kali asma saya kambuh mb padahal skrg lg hamil takut bayinya kenapa2. stiap asma kambuh saya pake inhaler mb

  2. khotimah

    Tadi pagi anaku aku kasih telur goreng setelah bberpa menit lngsng kmbuh,aku ngga tau klau tlur itu bkn kambuhnya penyakt asma

    • trisna

      Gorengnya pake mentega gak mba?
      Minyak baru / bekas?

      Dulu sy goreng apa2 hrs pake olive oil/minyak sayur mba..

      Krn minyak kalo bkn yg bagus bisa bikin sy bengek.. Apalagi mentega.. Lemak nutupin jalur napas..

      Mangkanya sy ga bisa coklat murah.. Krn kalo coklat murah campurannya margarin/mentega.. Pasti sy asma.. Tp kalo coklat mahal pake butter.. Sy gak asma..

      Bahan mentega dan butter sebenernya sama cuma gatau kenapa kalo butter sy gak asma.. Mungkin alergi sama salah satu bahan yg ada di mentega..

      Mungkin bu khoti bs cek alergi anaknya ke klinik alergi dulu?

  3. Faris

    Permisi, mau ikutan sharing yaa..
    Di suatu malam, saya beli martabak telor dengan secara khusus meminta acar bawang merah yg agak dbanyakin. Pada saat yg bersamaan, saya juga minum jus mangga-sunkist buatan sendiri (mangga arumanis).. kebetulan mangga yang dipakai tdk tlalu manis, sedikit asem.

    Tapi setelah mengkonsumsi bawang dan mangga tsb., selang satu jam asma saya mulai kambuh ringan. Begitu saya tidur, pas bangun asma semakin menjadi.

    Saya suka sekali mangga, tapi kalo itu yg jenis indramayu.. memang, saya pun menghindari mangga arumanis. Krn bbp kasus saya, setelah makan mangga arumanis yg sudah cukup matang/manis, asma saya lebih cepat terpicunya..

    Coklat pun demikian. Hanya saja jika itu coklat yg milk. Oleh karenanya, saya lebih favorit dark chocolate. Lebih aman.

    Saya pernah pakai inhaler. Emang sih, melegakan. Tapi, saya khawatir ketergantungan. Ketergantungan dlm arti, gak bisa lepas.. gak bisa gak pakai inhaler. Oleh sebab itu saya lebih senang dengan menenangkan diri tanpa berbuat apa2, nge-bossy, sambil nonton film dan main game yang banyak (main game adalah terapi sugesti saya yg cukup ampuh lho..)

    Yang saya heran, kenapa artikel ttg asma satu dan lainnya terkadang suka saling bertentangan ya.. terutama yg berkaitan dengan buah atau makanan yg dianjurkan/dipantang.. di artikel 1 boleh, di artikel yg lain malah dilarang.. kan saya yg awam jd bingung.

    Kalau diurutin, penyebab asma saya adalah, sbb;
    1. Tekanan pikiran
    2. Debu (makanya saya cenderung ngebossy dan sangat menghindari kegiatan bersih2, pake banget!)
    3. Terpapar cukup lama pd suhu ac yg dingin
    4. Salah makan dan makanan
    5. Tertawa kebanyakan
    6. (Dan memang) tidak olahraga rutin

    Sekian dan terima kasih ^_*
    #maafjadicurhat

    • trisna

      Setiap org yg punya asma berarti punya alergi.. Dan masing2 org tsb alerginya sendiri2.. Biasanya di indo krn negara berpolusi kebanyakan alergi karena debu..

      Nah utk makanan bisa cek alergi ke dokter spesialis alergi.. Imho menurutku plg bagus di klinik alergi indrasena seperti di RS suyoto..

      Nah dr semua case kebanyakan makanan yg mencetuskan alergi pernapasan (bronki) itu makanan yg bergetah dan bergas.. Seperti mangga jg ada getahnya kan 🙂

      Yg kasus jarang alergi thdp kacang2an sama santen.. Temenku alergi ke 2 ini.. Dan kalau kena.. Lidahnya matirasa, ga bs napas.. Pas kecil hampir mati wajahnya biru..

      Moga2 alerginya cepat hilang ya..
      Soalnya ay sdh hampir 20thn asmaku gak kambuh 🙂 berkat minuman ajaib..

      • khotimah

        Mba boleh tau minuman ajaibnya apa?soalnya anak saya sakit asma jg dari umur 2 thn hingga sekarng umurnya sudah 10 thn ngga sembuh2.

        • trisna

          Malam mba khoti..

          Di thn 97 sy divonis terkena gejala kanker nasofaring.. Yaitu seluruh saluran THT sy luka dan borokkan.. Harus segera sedot ingus/sinus supaya jalurnya bersih.. Krn sdh neken sampai ke otak..

          Waktu itu sdh siap2 mau operasi kecil di RS.. Papa sy sdh mau bayar2.. Krn biayanya operasinya hrs DP.. Eh taunya ketemu dengan ibu2 di R.tunggu RS yg sama2 antri bayaran..

          Ibu itu blg jgn disedot krn bakalan tiap thn operasi.. Dan mengenalkan minuman yg namanya IMMUNOCAL
          Jadinya papa sy cobalah beli minuman itu.. Dan sy rutin minum selama 30 hari..

          Semua sinus sy yg hijau, kental, berdarah pun keluar seperti wc di flushed..

          Lalu slem di paru2 yg bikin napas berat waktu sy olahraga seperti lari / renang jg keluar..

          Pokoknya napas saya jd ringan banget.. jalur THT sy bersih total.. Dokter Spesialis THT sy kaget, kemudian dia jg ikutan pake buat anaknya yg asma dan jadi salah satu dokter immunocal indonesia..

          Lucu ya.. 😀

          Thn 97 immunocal hanya satu2nya produk yg bs meningkatkan daya tahan tubuh.. Di riset lebih dr 10 thn.. Di USA.. Pd thn itu mahal sekali harganya krn masih penemuan terbaru.. Dan dibawa ke INDO dlm bentuk MLM..

          3 thn kemudian muncul produk2 lain dlm bentuk tablet dan kapsul.. Sy coba jg produk lainnya krn sy pikir lebih murah tapi malah jd pengapuran di ginjal..

          Immunocal gak bikin kecanduan kok mba.. Sy cuma bener2 pake 1 bln itu.. Intensive 30 hari.. Lalu minum 3 hari sekali di bulan ke 2..
          Cuma kebetulan pas thn ke 3 setelah stop mengkonsumsi immunocal.. Tanpa pernah kambuh asma.. Walau semua larangan saya makan..

          Thn 2001 Sy terkena tipes.. Dan daya tahan tubuh sy menurun bgt.. Krn nyari murah sy belilah produk lain berupa tablet dan sirup.. Tapi malah kena pengapuran batu ginjal..

          Nah.. Immunocal bu khoti bs lihat di
          http://www.immunotec.com/IRL/Public/en/USA/ShowItemDetails.wcp?&Red=Y&Item=00010000&Site=corp

          Immunocal indonesia jg ada.. Walau thn 2005 MLMnya ditiadakan di indo krn dollar waktu itu tinggi banget.. Dan MUI menyatakan sistem MLM haram.. Jadi immunocal sempat hilang.. Dan kembali lagi di tahun 2008 sampai sekarang..

          Dulu isi 1 dus ada 10 sachet dengan hrg 350 rb.. 1 sachet utk 1 hari..

          Skrg harga sama tp 1dus isi 7sachet saja..

          Immunocal itu susu mba.. Collostrumnya ibu sapi betina..

          Selama Ratusan tahun susu yg diambil dr ibu sapi yg diendapkan semalaman, yg kuning selalu dibuang dan putih diolah dan diminum manusia..

          Nah.. USA meriset cairan kuning itu selama 10 thn lebih ternyata fungsinya sangat baik utk pertahanan daya tahan tubuh manusia..

          Menaikkan daya tahan tubuh sampai tubuh bisa melawan balik penyakit2 yg ada ditubuh..

          Demi Allah sy bebas asma sejak thm 98.. Cuma pas mau lahiran anak ke 2 thn 2015 sempet kumat sebentar.. Mungkin krn perubahan hormon.. Skrg gak kumat lagi..
          Bisa makan duren.. Tape.. Pepaya.. Coklat.. Terus kena org ngerokok lebih badak paru2nya.. Kuat lari.. Kuat renang.. Bahagia banget..

          Teman dan sepupu2 sy jg sdh sembuh asmanya berkat immunocal.. Bahkan tetangga dan teman sy yg divonis kanker, diabetes dan mandul sehat berkat minum immunocal..

          Orlando magic yg divonis HIV dr thn 96 sampai sekarang tdk meninggal berkat immunocal..

          Celine dion divonis ga bs punya anak.. Pakai immunocal akhirnya berhasil punya dapet 1..

          Maaf ya mba.. Sy gak jualan immunocal.. Jg gak dapet apa2 jg dari immunocal..

          Sy murni sharing bahwa asma bisa sembuh..

          Kalau mba khoti mau beli bisa cari di toko obat melawai.. Skrg sdh bebas jualan di seluruh kota2 besar tanpa harua lewat MLM..

          Sy terakhir beli harganya 320 isi 7 sachet

          Kalau mau sembuh asma disarankan minum selama 30 hari, 1 sachet sehari.. Nanti kalau mba khoti sdh dpt susunya hub sy aja.. Nanti sy jelaskan caranya.. Karena bukan bikin susu biasa..

          Immunocal hrs pake gelas shaker.. Air tdk boleh panas ataupun dingin krn bs rusak.. Dan kalau sdh dikocok harus segera diminum.. Tdk boleh sampai sejam krn jd racun..
          Dan cara ngocoknya pun beda..

          Setelah 30 hr pakai.. Di bulan ke 2 minumnya 3 hari sekali atau seminggu sekali.. Setelah itu bebas..

          Moga2 tulisan yg sy share bisa memotivasi utk sembuh ya mba..
          Ini pengalaman pribadi..

          Maaf kalau panjang bgt ceritanya 😀
          Slmt mlm..

  4. imey barbie

    Tadi saya bikin rujak jeruk bali baru 2x suap amsa ku lngsung kambuh. Ini yang gak boleh rujak nya apa jeruk nya..?

    • trisna

      Wah.. musti test alergi dulu yah kalau itu..

    • trisna

      Muati tanya dokter alergi ya mba.. Cuma emang ada org yg alergi sama kacang.. Mungkin di sambel rujaknya ada kacang?

  5. munandar

    Pantesan, td mlm makan buah pepaya, jngka waktu 5 asma kambuh dan smlman gx tidur

  6. Hanny fatimah

    Aku asma turunan , pake nebulizer 3atau4 kali sehari ,pake inhaler juga sering. Minum obat 3kali sehari.pantangan sama seperti postingan agan2 diatas. Umurku 70 lebih, harapan tipis untuk sembuh. Wkt umur belasan sampe 40an gak pernah kambuh.

  7. Mardiah

    Saya juga kena asma tpi aneh nya asma saya kambuh setelah punya anak 1 apa mungkin karna badan saya gemuk jadi asma nya sering kambuh,dan saya sering minum obat teosal dan omegtamin alhamdulilah ya sembuh tpi klu lgi batuk pasti asma nya kambuh lgi

  8. chairani usman

    Mkasih banget yaa udah share makanan pencetus asthma.. Aku tuh Ada aasthma cuma alhamdulillh jarangan timbul. Tapi taddi malam agak sesak. Bingung ternyata sebabnya salah makan .. Ku mmaka. Ketan hitam cmpur kacang ijo.. Hmmmm.. Sampai pgi been masih terasa sesaknye.. Aneh.nya aku gak peernah mau Cari tauu.. Krna Ku biasa akan sesak kalo makan asinan salak..asinan buah merah dan ketawa keterlaluan.. Itu aja.. Tapi sekarang nambah lagi ternyata ketan hitam mmbuat asthma Ku kambuh.. Hmmm

  9. tarapratama

    Aku tara, iya bner banget stiap kali makan makanan yg ada di atas asma sya pasti kambu, trus klo kambu bsa sampe 3 hari 🙁 klo buah mangga bikin asma gk yah..

    • trisna

      Harus tau dulu tara alergi atau nggak dengan mangga..

  10. Ajeng Selvita

    Coklat, kacang, durian makanan favorit sy semua hiks hiks.. tp selama ini jrg kumat stlh makan durian, kalo kacang atau coklat baru sadar skrg kalo itu pencetus asma. Semangka dan timun jg termasuk pencetus asma lho, kalo pisang dibeberapa artikel blg bagus utk penderita asma.

  11. siti

    selain coklat es juga pencetus asma, saya dari kecil sudah dilarang makan es sama coklat. sampai sekarang malah jadi kebiasaan, ga ngiler lagi makan es sama coklat….

  12. nila

    Sist and bro.. Menurut yg sy tau, tomat dan keluarga buah berry jg pencetus ashma lho, so dihindari aja ya.. Tp klo jus wartel justru disarankan.

  13. yeti

    wah sy jg penderita asma…kl seafood gmn ya…bisa jd pencetus kambuhnya asma gak ya?

  14. ferry Liando

    baru sekarang saya pedulu dengan asma saya, karena 6 bulang belakangan ini asam saya selalau kambuh. andalan saya adalah inhaler. Tapi ngeri juga trisna ngomong. Paru2 ternyata bisa menciut. Saya menggunakan inhealer lebih dari 10 kali setiap harinya dan setiap hirup 2 kali. karena batuk atau bersin sekali aja, langsung sesak. Thanks buat info menyangkut makanan yang dihindari. ibu saya juga punya asma, jadi kemungkinan besar juga saya ini asma turunan. tapi makanan-makanan yang seharusnya dihindari seperti teman-teman bilang diatas justeru adalah makanan sanatapan saya setiap hari.

  15. muhamad arif

    kebetulan nih sy dalam kurun waktu setahun ini klo kena debu (alergi debu) sama cuaca dingin di awali bersin selang 2-5 menitan nafas terasa sesak selama ini saya ngandelin BIROTEK, padalah cek up rutin tapi hasil ceck up rontgen jg ga ada masalah….olah raga ok, sampai sekarang saya msh bingung nih …

    jika kambuh asma saya setelah saya kasih BIROTEX SPRAY(2-3 menit sembuh) tapi setelah itu saya pinginnya meludah, dan setelah meludah di barengi dahak ….maaf sebelumnya agak jorok dikit cerita saya ( karena penasaran hasil ludah saya sengaja saya taruh di piring putih ternyata ludah itu ada lendir berbentuk seperti rumput laut dg ukuran 1-1,5 cm sebesar jarum dan di pegang seperti cendol dawet…..saya masih bingung mungkin rekan2 daa penjelasan lain….

    kebetulan setiap ceck up pas kondisi normal pingin sy pas ceck up pas kambuh biar si dokter ini tahu….. saya sdh jarang kambuh ngikutin saran temen” hindari minum es setiap pagi berjemur punggung +-20 menitan antara jam 06.15 s/d 06.20, solusi saran temen sementara itu yg agak membantu megurangi kekambuhan asma saya” ….

    saya tunggu tips & saran dari rekan2.. Tq

    • trisna

      birotex spray itu maksudnya inhaler kan ya mas?
      info sesama pengidap asma saja ya… saya menggunakan inhaler itu selama 10 tahun (dulu) tapi saya tidak pernah mengalami gejala seperti mas arif, hanya saya ingat salah satu teman kecil saya yang ikut ortunya keluar negri… setiap dia pakai inhaler, dia seperti mau muntah dan mengeluarkan lendir… mungkin mirip dengan kasus mas arif… dan dokternya di US sana berkata tubuhnya tidak cocok menggunakan inhaler tersebut… jadi badannya mereject spray tersebut dengan menghasilkan beberapa lendir dan mengeluarkannya kembali…

    • trisna

      Sedangkan saya yang tidak mengalami gejala2 itu, nafas saya langsung plong setelah memakai inhaler… tapi setelah 10 tahun kemudian, dokter bilang paru2 saya menciut… 😥 sepertinya karena keseringan pakai inhaler…

      Kalau remedy untuk menghilangkan asma sih sebenarnya banyak, dan betul salah satunya jangan makan es/es krim… bahkan jangan juga tertawa berlebihan sampai kehabisan nafas… dijamin bisa bengek dan asma deh… 😆 lalu hindari perubahan iklim drastis, contohnya di kantor ACnya dingin sekali, kemudian pergi makan keluar kantor dengan keadaan matahari yang sangat terik, terus kembali ke kantor dengan suhu AC yang dingin lagi…

      Kalau masalah berjemur punggung, mungkin ada betulnya, karena dokter menyarankan untuk berenang sewaktu matahari pagi/matahari menjelang terbenam, mungkin maksudnnya berjemur punggung itu ya…

  16. TreTans.com

    Oia, katanya Asma itu turunan.. btul gak sih?

    • muhamad arif

      enggak juga klo asma itu turunan karena kebetulan keluarga kami tidak ada turunan asma, asma saya merasakan kadang2 asma kira 1 tahunan yg lalu….

    • trisna

      @tretan :
      wah… saya kurang tahu sih mas, kalo saya bilang sih sepengelihatan saya dari keluarga saya, sepertinya asma itu menurun… tapi kalau di beberapa artikel yg saya temukan bilangnya tidak menurun…

      bisa dibaca disini >>> http://www.olivija.com/asthma/

  17. Dian

    Hehe iya tuh durian..baunya saja sudah memabokkan. ternyata pemicu asma juga ya..

  18. kangmartho

    kalau pisang gimana mbak..apa juga termasuk
    soalnya ibu mertua sehabis makan pisang biasanya asmanya kumat

    • trisna

      maaf kalau saya jawabnya kelamaan…
      wah kalau pisang saya gak alergi sih… baru nemu kasus yang kangmartho barusan bilang…

  19. HASAN

    terimakasih,tapi makanan yang bisa meredakan asma makanan apa sajja itu? 😀

    • trisna

      waks makanan pereda asma? ada yah? 😀 mau dong…

  20. riez

    Untung saya gak punya asma jadi bisa makan-makanan yg enak2 itu 😀

    • trisna

      yaaaa bersyukurlah… hiks~ saya gak bisa…

  21. jasmine

    waaa saya suka sama makanan itu semuanya. kalau saya pengidap asma, mungkin sering kambuh kali yah karena makananin semua makanan itu. ehhehehe suka tergoda abisnya 😀

    • trisna

      emang semua makanan ini enak mbak…. apalagi coklat huhuhuhuhu…

  22. citromduro

    saya termasuk penderita asma dengan namanya ketan biasanya langsung nafas berbunyi
    namun dengan pengobatan alternatif melalui pijat titik refleksi pada kaki alhamdulillah sekarang tidak lagi takut dengan kacang2an ataupun ketan
    bahkan bisa dikatakan sebagai perokok berat

    • trisna

      saya nyoba pakai sandal kayu yang ada bendul-bendulnya… kalau di injak serasa pijat di telapak kaki seperti accupresur… tapi lama2 menyakitkan… nah asmanya lumayan hilang sesaat, tapi bberapa jam kemudian sih balik lagi 😥

    • yayu

      mas citromduro, anak saya mengidap asthma, boleh tau refleksi seprti apa maksudnya ya ?

  23. nurul

    kalau adik iparku selama ini hanya menghindari coklat. kena coklat termahalpun langsung bengek n lemes.
    ribet ya kalau ada penyakit tu?? menjaganya biar sehat aja susah apalagi merawat agar sembuh pasti lebih sulit…

    • trisna

      hmmm… solusinya aku sih, rajin ke laut, renang disana… yang penting olahraga gak boleh berhenti sebenarnya… terus makanan dijaga… kalo bisa cari susu immunocal deh 🙂 gara2 susu itu 11 tahun ini asma saya gak kambuh… kecuali makanannya dilanggar hehehe… :mrgreen:

      • khotimah

        Susu imonical itu susu apa ya mba?yg jual dimana harganya berapa?kasih tau dong mba tlong di bls ya mba…

  24. Fonega

    alhamdulillah aku ga asma tapi kalo di air susah napas?

    • trisna

      apalagi kalo gak pake oksigen ya? 😀
      semua orang juga gitu kaleh… >_<

  25. Cahya

    He he…, siapkan saja obatnya, karena kadang kalau alergi berat, dengar nama makanannya saja bisa mencetuskan 😀 #becanda.

    • trisna

      Huehehe.. Kalo yang sampe kena mental sih bisa jadi, cuman kepikiran aja bikin stres, dan stres itu bisa bikin asma 😀

  26. Feisa Firmansyah

    wow … banyak juga pantangan nya buat yg asma ya?? hmm ,, alhamdulillah aku gak punya asma padahal dari kecil bergaul ama kucing2, (bener gak sih kucing bikin asma?) …

    coklat 70% kan paiit >.< .. tp ada yg enak juga sih walau pait. hehehe

    visit my page back ok? hehe ^^….

    • trisna

      ummm… kalau bulunya sampai masuk ke bagian pernapasan sih iya… tapi bukan karena bulunya sebenarnya, tapi karena kotoran / debu / bakteri yang menempel pada bulunya, kalau ternyata kotoran tersebut diketemukan di tempat lain seperti karpet, atau gordyn… yah berarti karpet dan gordyn bisa menimbulkan asma juga (alergi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *