Ber-Internet Aman

March 11, 2011

*data dari google cache per 11-03-2011

Maksudnya internetan aman apaan seh???
Bagi kebanyakan orang, berinternet menjelajah “world wide web” biasanya buat research alias mencari tahu, shooping, berkomunikasi dan menikmati media. Tapi banyak yang tidak tahu kalau terdapat jebakan2 bagi orang2 yang aga2 gaptek dengan niat untuk mencari uang, mencuri data diri, ngespam email, cyber sex chat room dan lain2…

Pasti udah pernah ngeliat link2 aneh yang masuk ke email ataupun dari ym padahal yang ngirim temen yang kita kenal atau treakan2 orang yang bilang facebooknya kehack..

Cuma jangan dijadikan hal2 diatas tadi menjadi halangan atau malah alasan buat menjauhi internet, karena teramat banyak hal yang bisa kita perbuat dengan adanya internet namun tetap ada beberapa hal yang bisa kita cermati dalam menelusuri ranah maya ini… seperti…..

* Hindari login menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memerlukan memasukkan alamat email

* Hindari mengklik alamat email yang terdapat dalam isi email kita walaupun dikirim dari orang yang kita kenal sekalipun, kecuali kita yang meminta atau memang sudah ada pembicaraan sebelumnya.

* Hindari mempunyai satu password/PIN yang sama untuk semua akun online anda.

* Hindari apabila memakai situs yang tidak memakai “https” untuk situs yang memerlukan/memakai data yang krusial. Huruf “S” disini berarti SECURE…. Hal ini sempat menjadi polemik bukan bagi yang tidak mengerti 🙂
contoh:

https://m.klikbca.com
https <– secure site
m <- biasanya digunakan untuk menandakan bahwa ini mobile site / khusus untuk dibuka via HP dan sejenisnya

* Hindari meng-klik pop-ups yang mengatakan bahwa pc anda bermasalah, tidak sehat, ada virusnya atau apalah.. Biasanya pada saat anda klik secara otomatis dapat mengakibatkan pc anda mendownload malware/virus.

* Hindari mendownload barang gratisan macam screen saver atau program icon2 smiley. Hal-hal tersebut sangat berbahaya bagi pc anda, setelah anda mendownload pasti kecepatan pc anda bekerja menjadi lebih lambat. Tapi site seperti download.com masih aman kok.

*Hati2 dengan email phising, mereka membuat tipuan dengan cara “Account anda beresiko” atau “telah terjadi transaksi yag tidak dikenal”  mohon kirimkan data detail account anda. Ingat bank manapun tidak akan menanyakan detail bank ada melalui e-mail.

* pastikan anda selalu mengupdate program antivirus anda

* Selalu cek ke bank anda apabila mereka mempunyai kebijakan security lainnya khususnya untuk transaksi online, seperti Pin, atau zero liability card.

* Selalu pegang detail credit card anda di dunia nyata. Jangan disebarluaskan kepada siapapu juga melalui e-mail atau di HP

* Ingat untuk selalu menghapus sistem cache, password dan history anda, karena di tempat itu dengan mudah bisa mendapatkan identitas anda dan dapat mengambil informasi mengenai bank dan e-mail anda.

* Hindari apabila ada yang mengatakan anda telah memenangkan lotere / Iphone, cara-cara ini adalah cara yang sering dijumpai spammer untuk menjebak anda

* selalu masukkan daftar nama spammer ke daftar hitam anda, setiap kali anda jumpai di dalam e-mail, jangan hanya menghapusnya.

* jangan pernah hanya menutup sebuah window, tanpa melakukan log out terlebih dahulu, terutama saat anda berada di warnet.

* Selalu punya back up untuk email2 anda termasuk data-data penting anda.

* Hindari tulisan yang menjebak serperti ” Microsoft sedang bagi2 hadiah..” mereka yang mengirim adalah spammer dan ingin mencuri info tentang anda.

* selalulah membiasakan diri untuk tidak mengeklik emailphising, karena tujuan phising adalah menipu anda agar anda memasukkan detail yang mengatasnamakan security, tetapi sebenarnya website tersebut adalah set up penipu (scammer)

* hindari memasukkan nama asli, nama lengkap, alamat rumah, nomer telepon, pasword, nomer keamanan anda, nama keluarga, nomer kartu kredit. Hal ini lebih baik disimpan sendiri dan jangan kasih tau siapa-siapa untuk kemanan ber itnernet…

* Jangan lupa untuk selalu mengescan attachment yang anda terima dari mailbox anda. Virus biasanya masuk dari hal semacam ini.

* Sosial network memang sulit dihindari saat ini tetapi lebih aman apabila anda memperbolehkan seseorang untuk follow anda di dalam twitter anda. Jangan lupa lakukan pengecekkan keamamanan seseorang apabila anda mau memperbolehkan orang yang tidak dikenal tersebut untuk masuk ke dalam anggota twitter anda.

artikel ini ditujukan untuk anda agar anda bisa ber-internet secara aman dan nyaman, kami tentunya tidak menginginkan anda terkena masalah selama menggunakan internet, jadi setidaknya anda tahu tips-tips penting untuk menghindarinya. Gunakanlah kecurigaan anda supaya selalu aman.

Good Luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *