Chawan Mushi ala Indonesiana

May 4, 2011

Bloggers and Bloggeritas sudah pernah makan Chawan Mushi?

Chawan Mushi itu adalah makanan Jepang yang dibuat dari campuran telur ayam dan kaldu rumput laut yang dikukus di dalam mangkuk kecil dan biasa dimakan sebagai makanan pembuka. Ada yang bilang bentuknya seperti puding.

Rasanya, so pasti enak buanget… Percaya deh. Tapi kalau mau bikin sendiri buat di rumah (terutama buat yang demen masak) kalau kalian masak dengan resep Jepang, dijamin anda bisa bokek seketika 😆

Kenapa?

Karena resep Jepang, selain sarat menggunakan sake, untuk kaldu mereka menggunakan dashi / dried kelps (sejenis tanaman rumput laut yang dikeringkan). Belum lagi sewaktu membuat dashi tersebut kita harus menambahkan katsuobushi. Bila ketiga bahan diatas dijumlahkan saja total harga bahan bisa mencapai 400 ribu sendiri walau bisa dipakai kembali 🙄

Maka dari itu saya berikan resep Chawan Mushi ala Indonesiana. Total harga bahan berkisar antara 40 – 80 ribu (kalau pakai mirin/arak masak).  Bumbunya juga bisa dipakai berpuluh-puluh kali lagi 😀

Cara masaknya sama dan teknik pembuatan juga sama walau isi Chawan Mushi bisa diganti sesuai selera, namun harga pembuatan yang akan saya berikan dijamin gak bikin kantong anda kembang kempis :mrgreen:

Porsi untuk 2 orang

Bahan-bahan :

1 telur ayam yang besar
150 ml kaldu ayam
1/2 sendok teh mirin/arak masak
1/2 sendok teh soy sauce
1/4 sendok makan garam
Daun peterseli cincang secukupnya
Daging ayam potong dadu 8 buah
Udang besar 2 buah
Jamur shitake 2 buah
2 mangkuk kukus

*NB : Bagi yang tidak ingin menggunakan mirin/arak masak, bisa diganti dengan merica dan bubuk pala (tentu rasanya akan berbeda)*

Cara Membuat :

Pecahkan telur ayam ke mangkuk kecil, dan aduk dengan sumpit. Namun jangan sampai telur tersebut berbuih/berbusa.

Tuangkan kaldu ayam, mirin, soy sauce dan garam. Aduk kembali hingga rata (tidak sampai berbuih).

Letakkan isi mangkuk kukus dengan ayam potong, udang dan jamur shitake (isi bisa ditambahkan sesuai selera)

Tuang campuran telur ayam ke dalam mangkuk kukus dengan saringan halus, agar buih telur tertinggal di saringan (jangan sampai penuh, karena telur akan mengembang). Tuang telur hingga 3/4 tinggi mangkuk kukus.

Tutup mangkuk dengan alumunium foil hingga rapat dan letakan mangkuk kukus ke dalam kukusan. Kukus selama 20 menit, dengan temperatur panas yang rendah. (jika menggunakan kukusan manual, ganjal tutup dengan sumpit supaya temperatur tidak terlalu panas).

Setelah matang, tunggu beberapa saat, kemudian buka alumunium foil dan tusuk chawan mushi dengan tusuk gigi agar air kaldu keluar ke permukaan. Untuk tambahan letakkan daun peterseli potong diatasnya.

*NB : Isi chawan mushi bisa diganti dengan sayuran, seperti wortel, labu, atau di-isi tahu, ikan dll*

Nah, kalau sudah coba buat, tolong kasih tau saya itu sukses atau tidaknya… dan sharing yah, rasanya enak atau tidak? masaknya kan hanya 20 menit saja 😉

Soalnya saya punya laris manis :mrgreen: hehehe… SELAMAT MENCOBA!

 Comments: 3

  1. Ayda Chubby

    wew… Bahan utamanya telur ya… Kayaknya enak juga tuh + menyehatkan… :mrgreen:

    • trisna

      kalo mau gak bisulan sih porsi kuning telurnya diganti jadi putih telur semuanya 😀

  2. volverhank

    kok enak ya sepertinya ? nyaam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *